Ratusan rumah di Cilacap terendam banjir

ratusan rumah selama kecamatan sidareja, kabupaten cilacap, jawa sedang, terendam banjir akibat hujan lebat dan terjadi di selasa (9/4), jam 20.00 hingga 00.00 wib, juga rabu, jam 12.00 hingga 17.00 wib.

ratusan properti itu tersebar selama dua desa, yaitu sidareja sebanyak 190 rumah juga gunungreja berjumlah 138 properti, kata kepala pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) cilacap wasi ariyadi, di cilacap, rabu malam.

rumah-rumah itu, kata dia, terendam air dengan kedalaman 20 hingga 60 centimeter.

ia menyatakan, hingga jam 22.00 wib, tercatat sebanyak 12 keluarga yang terdiri 49 jiwa mengungsi pada aula koramil sidareja.

kepada para pengungsi telah diberikan santunan berupa mi instan, air mineral, roti kering, gula pasir, serta teh, katanya.

Informasi Lainnya:

dalam kesempatan terpisah, kepala grup teknisi stasiun meteorologi cilacap teguh wardoyo menyampaikan, cuaca dalam wilayah jawa sedang terlebih bagian selatan dipengaruhi badai victoria yang muncul di samudera hindia barat daya jawa dari selasa (9/4), pukul 19.00 wib.

badai tersebut berpengaruh pada iklim oleh karenanya berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang dan ditemani angin kencang serta petir, ujarnya.

di beberapa website, kata dia, hujan lebat berpeluang terjadi di hitungan merek.

bahkan, lanjutnya, berdasarkan sistem peringatan dini yang terpasang pada bengbulang, kecamatan karangpucung, di pukul 15.00 wib dilaporkan terjadi hujan dengan intensitas sangat lebat oleh karenanya berpeluang mengakibatkan banjir selama pilihan wilayah dan lebih rendah seperti sidareja juga sekitarnya.

sebelumnya, salah benar penduduk, mardiyo menginformasikan bahwa ruas jalan nasional antara gandrungmangu-sidareja terutama pada daerah cibogo selama rabu pagi tergenang air dengan kedalaman kurang lebih 20 centimeter.

genangan air ini akibat luapan sungai cibereum akibat hujan lebat yang terjadi di selasa malam. apabila sore ini terserah terjadi hujan lebat, kemungkinan beberapa wilayah sidareja mau banjir, katanya.

berdasarkan catatan diantara, wilayah kecamatan sidareja merupakan daerah langganan banjir sebab merupakan daerah cekungan.

wilayah ini biasa terendam banjir sekalipun tidak terjadi hujan sebab kehadiran air kiriman daripada wilayah utara seperti kecamatan majenang serta karangpucung melalui sungai cibereum dan bermuara di segara anakan.

jika air di segara anakan yang mengalami sedimentasi sedang tinggi, air daripada sungai cibereum tidak bisa masuk ke website tersebut makanya menyebabkan banjir terlebih dalam kecamatan sidareja.