Korea Selatan-AS perpanjang kerja sama nuklir

korea selatan serta amerika serikat (as) sepakat memperpanjang kerja sama nuklir lokasi damai pada dua tahun.

korea selatan harapkan perpanjangan tersebut memungkinkan seoul membuat bahan bakar nuklir sendiri.

perjanjian yang ditandatangani di 1974 itu hendak berakhir tahun depan.

perpanjangan perjanjian disepakati agar memungkinkan lebih ada perundingan mengenai topik hangat dan memungkinkan korea selatan memroses ulang batang bahan bakar dan dimanfaatkan.

Informasi Lainnya:

kedua belah bagian mencapai kesepakatan ternyata terkait upaya mengubah kesepakatan dan banyak selama dua tahun dengan alasan mereka memerlukan lebih banyak masa, papar juru bicara kementerian luar negeri cho tai-young semisal dikutip afp.

korea selatan berpendapat pihaknya perlu memproduksi bahan bakar nuklir sendiri supaya memenuhi pemakaian 23 reaktor yang menyediakan sepertiga dari kebutuhan energi serta menguras stok batang bahan bakar bekas dan dikatakan sudah mencapai kapasitas penuh.

amerika serikat telah menolak melalui alasan proliferasi, karena pengolahan tinggal menghasilkan cadangan plutonium terpisah dan lalu mampu diperkaya ke tingkat yang memadai agar senjata.

korea selatan sudah memberi usul bidang pemrosesan pyro, teknik masih yang dianggap kurang kondusif untuk proliferasi karena menyisakan plutonium terpisah dan bercampur dengan senyawa fisil tidak berbahaya.

topik dan memungkinkan korea selatan untuk memproduksi bahan bakar nuklir sendiri merupakan lebih serius seiring dengan upaya korea utara menyebabkan web senjata nuklirnya.

hal tersebut sudah mengakibatkan meningkatnya seruan daripada grup minoritas berpengaruh dalam korea selatan untuk negara tersebut mampu melakukannya sendiri dari terus bergantung dalam payung nuklir as.