Jordan benarkan 35.000 pengungsi kembali ke Suriah

ada 35.000 orang pengungsi suriah terserah daripada kamp al-za`tari selama amman ke tanah air mereka sejak awal krisis agar mencegah kondisi buruk mereka menderita selama kamp.

juru bicara urusan pengungsi suriah di jordania, anmar al-hamoud, menegaskan terhadap afp kiranya jumlah pengungsi suriah yang terserah ke negara mereka dengan sukarela dari awal krisis mencapai 34,824 orang.

ia menambahkan kiranya pemerintah jordania meyakinkan kamis mengenai kembalinya 2500 pengungsi daripada kamp al-za`tari ke suriah atas permintaan mereka sendiri.

puluhan pengungsi suriah kembali ke suriah dalam pilihan bulan terakhir, karena kondisi kehidupan yang besar di kamp dan kurangnya pelayanan kemanusiaan juga medis, penculikan tindakan, perampokan dan kebakaran.

Informasi Lainnya:

kantor berita afp sebelumnya, hampir 35.000 pengungsi suriah sudah pulang daripada jordania dari konflik dalam negara mereka pecah pada maret 2011, sementara persentasi yang lebih besar justru masuk selama eksodus bulan 2012 saja, tutur benar juru bicara pemerintah, jumat.

sebanyak 34.824 pengungsi suriah sudah kembali ke negara mereka sejak awal krisis, tutur juru bicara pendataan pengungsi, anmar al-hammud.

dia menyatakan sekitar 2.500 dari mereka sudah tinggal atas permintaan sendiri daripada kamp pengungsi zaatari di jordania utara dalam kamis dengan santunan jasa keamanan jordania.

jordania menungkapkan pihaknya menampung lebih daripada 475 ribu pengungsi daripada suriah, termasuk lebih dari 146 ribu pengungsi dalam zaatari, suatu kamp perbatasan dan penghuninya sudah mengerjakan pilihan aksi protes atas kondisi kehidupan yang besar.

lebih daripada 41 ribu pengungsi suriah memasuki jordania pada bulan maret saja, tutur hammud. ia menambahkan bahwa kerajaan itu khawatir kasus pengungsi ingin melonjak adalah 700 ribu pada akhir tahun ini.

sebanyak 1,2 juta masyarakat suriah sudah melarikan diri ke negara-negara tetangga dalam dua tahun terakhir, kata komisariat tinggi pbb untuk pengungsi, demikian oana.