Mahfud MD puji konvensi capres Partai Demokrat

mantan ketua mahkamah konstitusi mahfud md memuji konvensi calon presiden juga wakil presiden yang ingin digelar dengan partai demokrat menghadapi pemilu 2014.

langkah itu merupakan sikap cerdas menaikkan tinggal kepercayaan publik pada partai demokrat, ujarnya selama surat elektronik dan diterima pada jakarta, senin, menanggapi pernyataan ketua umum dpp partai demokrat susilo bambang yudhoyono pada pertemuan dengan para pemimpin redaksi, sabtu (6/4) malam bahwa partainya ingin mengadakan primary election ataupun konvensi agar bekerja sama dengan calon presiden daripada partainya.

yudhoyono ketika mengumumkan itu serta mengajak setiap masyarakat negara dan menyimpan bisa merupakan calon presiden juga wakil presiden supaya mendaftarkan diri agar kemudian dilakukan jajak pendapat umum oleh partai demokrat.

mahfud menegaskan kiranya langkah partai demokrat tersebut sama pilihan tak mengenai dengan sikap politik dirinya yang kemungkinan akan menjadi salah Salah satu kontestan pada pilpres mendatang.

Informasi Lainnya:

saya cuma menyaksikan kiranya sikap sby tersebut penting terhadap rakyat indonesia terlebih terhadap penafsiran konstitusi secara fair. soal sikap politik saya nanti saja sesudah saya pulang umroh, ujarnya.

pertama

mahfud yang juga pakar hukum tata negara, menyampaikan sby merupakan pimpinan parpol pertama yang menjawab gugatan penduduk kepada oligarki parpol.

mahfud yang disebut-sebut bakal mencalonkan diri dibuat presiden itu, mengatakan, konvensi hakikatnya adalah pendobrakan secara halus terhadap oligarki parpol, sebab melalui menyerahkan capres terhadap publik secara tak langsung yudhoyono memberi penegasan bahwa pencalonan presiden diterjemahkan dengan dinamis daripada konstitusi yang semula dianggap membelenggu calon nonpartai.

menurut dia, konvensi supaya menegaskan bahwa penentuan calon pimpinan nasional tidak semuanya ditetapkan oleh pengurus parpol melainkan ditentukan bersama melalui kehendak umum.

mahfud menungkapkan konvensi partai demokrat juga menyiratkan sikap supaya tak ada politik uang (money politics) yang bisa dimainkan dengan pengurus parpol pada menjaring capres karena banyak partisipasi publik yang adalah alat kontrol.