Jamsostek serahkan santunan Rp2,22 miliar pada ABK

pt jamsostek menyerahkan santunan senilai rp2,22 miliar pada ahli waris 11 putri buah kapal pt pelayaran tirtacipta mulyapersada yang tewas serta hilang saat kapal tirta samudera xxi dan mereka awaki tenggelam di karimun jawa, 10 januari 2012.

direktur pelayanan pt jamsostek achmad riadi saat memberikan santunan secara simbolis pada salah Salah satu ahli waris dalam acara konsultasi teknis dokter penasehat tingkat nasional 2013 di batam, rabu menyatakan pihaknya baru dapat membayarkan santunan karena menanti kesiapan ahli waris.

kapal tirta samudera xxi dan bermuatan minyak sterin pergi daripada pelabuhan plaju marina, palembang, menuju pelabuhan gresik. pada perairan karimun jawa kapal murah ke kanan 12 derajat dan bocor setelah sebelumnya terombang ambing akibat cuaca buruk.

segala upaya diselenggarakan abk untuk menghubungi tim sar semarang juga basarnas pusat, ternyata kapal tak bisa diselamatkan. kaum abk kemudian menyelamatkan diri dengan memakai life raft serta sekoci.

tim sar semarang melalui pantauan helikopter sempat menikmati para abk dan memberikan bantuan logistik, ternyata saat mau menekan alat komunikasi gagal dilaksanakan karena terhalang kabut juga sekoci hilang daripada pantauan.

Baca Juga: cincin pasangan murah - perak murah - cincin kawin murah - cincin tunangan murah

tim basarnas mengerjakan pencarian 11--17 januari juga mendapatkan dua korban tewas, sembilan hilang serta Satu selamat.

pt jamsostek batam ii sudah menerima laporan kasus tersebut dengan email di 22 januari 2013. proses pembayaran baru mampu diselenggarakan pada april karena menunggu surat keputusan daripada basarnas juga kelengkapan berkas dari masing-masing ahli waris yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.

total nilai santunan rp2,22 miliar kepada ke-11 korban. bantuan diserahkan oleh dirjen pembinaan pengawasan ketenagakerjaan kemenakertrans muji handoyo dengan ditemani riadi juga kakanwil ii pt jamsostek marseli tamboyong dengan disaksikan dengan gm pt pelayaran tirtacipta mukyapersada wagiman serta kurang lebih 57 dokter peserta pertemuan dokter penasehat.

sri hartati, isteri dibandingkan abk almarhum kambali menerima santunan senilai rp103,1 juta. penerima santunan yang lain merupakan ahli waris daripada alfenus panjaitan, alim yusuf, david banjarnahor, hasanuddin, herry martuanto, ibrahim. izak steven, m lutfi ulsar iskandar, muttaqin serta pengizinta sitepu.

besaran santunan bervariasi sesuai dengan kualitas upah yang dilaporkan. besaran santunan terkecil rp79 juta dan terbesar rp465 juta.

pt pelayaran adalah perusahan binaan pt jamsostek kantor cabang batam ii serta terdaftar sejak februari 2011, mengikuti tiga program garansi sosial dengan total 345 pekerja yang terdaftar aktif serta total menyewa iuran rp128 juta perbulan.

pt jamsostek kantor cabang batam ii pada lalu telah menyewa garansi kecelakan kerja senilai rp4.465 miliar agar 2.669 angka.