KPU masih periksa berkas Susno Duadji

komisi pemilihan umum (kpu) masih memeriksa berkas susno duadji untuk bakal calon anggota legislatif partai bulan bintang (pbb) dari daerah pemilihan bandung, jawa barat, mengenai status hukumnya.

penyelenggara pemilu sedang memeriksanya, bila dia telah dijatuhi hukuman, ya dia kena kriteria yang tidak bisa daftar adalah calon, kata komisioner kpu, hadar nafis gumay, pada jakarta, senin.

hadar menyatakan, calon yang dijatuhi hukuman pidana tidak memenuhi syarat agar mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif sementara kecuali dia telah menjalani hukuman.

selain itu, ia menunjukan, bakal calon anggota legislatif dan itulah mesti melibatkan surat keterangan dari kepolisian kiranya dia sudah menjalani hukuman serta mengumumkan kepada publik bahwa dia pernah dihukum.

Informasi Lainnya:

sementara menurut pasal 4 huruf g peraturan kpu no.7/2013 dan diubah melalui peraturan kpu no.13/2013, bakal calon anggota legislatif wajib mengikuti persyaratan tak pernah dijatuhi pidana penjara menurut putusan pengadilan yang sudah meninggalkan kekuatan hukum tetap karena menggarap tindak pidana dan diancam melalui pidana penjara lima tahun atau lebih.