Ponorogo siaga bencana banjir dan tanah longsor

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) ponorogo, jawa timur, memberlakukan status siaga bencana, dengan adanya peristiwa longsor juga banjir yang terjadi secara sporadis pada wilayah tersebut, sabtu (6/4).

kasi pencegahan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) ponorogo, setyo budiono, minggu mengatakan, semua personel dan tergabung selama tim reaksi cepat (trc) sudah diimbau agar bersiaga penuh memantau perkembangan alam pada wilayah tiap-tiap.

trc dan diminta supaya terus berkoordinasi dengan jajaran perangkat kecamatan, desa, koramil juga polsek supaya mengantisipasi bencana susulan serta jatuhnya korban jiwa maupun harta benda.

kami telah berkoordinasi dengan jajaran tni, polri maupun penduduk publik supaya mengantisipasi bencana susulan, terlebih banjir juga tanah longsor, tuturnya.

Informasi Lainnya:

dalam peristiwa sebelumnya, serangkaian bencana tanah longsor juga banjir seakan menghajar daerah yang tersohor istilah kota reog tersebut.

hujan deras dan mengguyur dari sabtu (6/4) siang hingga malam harinya telah memesan meluapnya sungai-sungai setempat sehingga jembatan rangka baja sepanjang 50-an meter yang menjadi penghubung jalur ponorogo-pacitan runtuh.

akses utama antarkabupaten itu kini lumpuh total dalam jangka waktu berlarut.

dalam waktu hampir bersamaan, dua peristiwa bencana longsor dan Satu peristiwa banjir bandang dilaporkan serta terjadi di sejumlah kawasan pada ponorogo.

tanah longsor terjadi dalam desa wagir kidul, kecamatan pulung. sebuah properti milik penduduk bernama senun rusak sesudah diterjang material longsoran daripada bukit kecil disamping rumah.

longsor terjadi sesudah plengsengan penahan tanah ambrol. akibatnya, unsur-unsur longsoran berupa batu, air juga tanah segera menghantam dinding pihak sebelah kanan rumah hingga membuat pintu juga jendela jebol.

selain menimpa properti, meterial longsoran dan merusak suatu mobil milik senun. beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian itu. tapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

guyuran hujan serta membuat properti milik puluhan kepala keluarga pada desa mojorejo, kecamatan jetis terendam hampir setinggi lutut orang dewasa.

banjir dan merendam kawasan itu sendiri berasal dari luapan sungai jabung. disamping merendam pemukiman, banjir serta menggenangi jalan raya penghubung diantara kabupaten ponorogo-trenggalek.

meski genangan air hanya setinggi 15 sentimeter, namun tidak pelak hal itu sempat membuat arus kemarin lintas, khususnya roda dua tersendat.